New RSS Feed
English

Copyright © Indonesian School of Davao @ 2012

Melati St. Ecoland Drive Matina, Davao City  8000 - Philippines  

Indonesian
Melati     St.      Ecoland     Drive,          Matina,       Davao    City    8000     -    Philippines

Powered and Develop By :  Rodel Ricafort Libabone

Gramedia Enterprise (Graphics Media Provider and Web Site Solution)

 

SID @ Wordpress

 

Follow Us on FB

 

Silabus & RPP

 

Teacher's Corner

 

Student's Corner

Teacher's Corner

 

KBRI Manila

 

Atase Pendidikan KBRI Manila

 

KJRI Davao

 

Faith Academy

 

Tagum NHS

 

Samal NHS

  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
S E K O L A H    I N D O N E S I A    D A V A O
Tips dan Triks menghadapi Akreditasi Sekolah (Pengalaman SILN-Davao)

               Sekolah IndonesiaDavao , di Davao City-Filipina, adalah merupakan salah satu dari 14 Sekolah Indonesia Luar Negeri ( SILN)  yang pertama kali melaksanakan akreditasi sekolah.  Akreditasi kini telah menjadi sebuah tuntutan bagi para orang tua maupun masyarakat. Ter-akreditasinya suatu sekolah adalah merupakan bukti kelayakan dari sekolah untuk melaksanakan proses pendidikan , oleh karenanya Akreditasi kini menjadi sebuah keharusan. Tidak ada  orang tua satupun yang  rela , jika anaknya masuk ke sekolah yang belum terakreditasi.

            Sekolah Indonesia Davao, kini telah mendapatkan pengalaman berharga terkait dengan pelaksanaan proses Akreditasi. Persiapan yang kami lakukan tergolong sangat singkat sehingga kami sadar apaun hasilnya , itulah yang baru dapat kami raih. Jauh yang lebih penting adalah pengalaman untuk persiapan akreditasi dimasa mendatang . Oleh karenanya , mengingat bahwa proses Akreditasi akan berulang setiap 4 tahun sekali atau mungkin setiap 5 tahun sekali , maka penulis menyarankan kepada sekolah yang akan melaksanakan proses Akreditasi, hendaknya mempersipkan diri sejak dini. Hal ini tentu terkait dengan banyaknya perangkat administrasi dan bukti fisik yang harus disiapkan. Dengan baru berlalunya proses Akreditasi  di Sekolah Indonesia Davao yaitu tanggal 25-28 Juli 2011 , penulis ingin berbagi pengalaman kepada seluruh pembaca melalui trik dan tip sederhana dalam  menghadapi akreditasi sekolah :
A. Persiapkan administrasi mengajar guru minimal 2 ( dua ) bulan sebelumnya, atau paling lambat   1 ( satu ) minggu sebelum akreditasi, semua perangkat sudah terkumpul.
 
1.  Perangkat yang harus disiapkan : Silabus dan RPP dari tapel 1 tahun terakhir dan tapel yang sedang berjalan.  RPP dari tapel yang berjalan  harus ada perbedaan walaupun sedikit,  dengan tapel sebelumnya untuk menunjukan perbaikan ( saran tim asesor ).
Semua silabus dan RPP yang diakui hanya yang sudah ditandatangani guru dan kepala sekolah, serta telah distempel.
2.  Perangkat mengajar dipisahkan antara silabus, RPP, Pemetaan SK-KD, Pemetaan materi dll, karena akan dihitung porsentasenya.
 
3.  Untuk perangkat penilaian, usahakan guru selengkap mungkin membuatnya mulai dari daftar nilai, KKM, analisis UH, contoh soal, program kerja dan pengayaan, bukti tugas terstruktur dan tidak terstruktur serta UH  siswa yang sudah diberi umpan balik oleh guru dan orang tua siswa serta mendapatkan tanda tangan dari orang tua.
4.  Jika target akreditasi nya A, maka minimal 90% dari guru  atau mapel pada semua tingkatan  harus sudah mengumpulkan perangkat di atas ( yang dihitung hanya yang sudah memenuhi persyaratan). 

Foto Kegiatan Diklat Penyusunan Dokumen Akreditasi Sekolah Indonesia Davao
Friday, March 23, 2012